Rabu, 26 Desember 2012

pengenalan sistem informasi menejemen



PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI

Pendahuluan
PengenalanpadaManajemenInformasidanSistemInformasiBerbasisKomputer.Untuklebihjelasnyasayaakanmembahasapadefinisimanajemen.Manajemenadalahsebuah proses yang dilakukanuntukmenyelesaikansutupekerjaan,secaraperoranganmaupunsecarakelompokuntukmencapaitujuantertentu.Sedangkaninformasiadalahsatu data yang telahdiprosessehinggamempunyainilaigunabagimasyarakat.Jadi,definisimanajemeninformasitersebutadalahsutu proses yang dilakukanolehseorangatausecarabersamaanuntukmenghasilkansuatuinformasi yang bergunabagimasyarakat demi mencapaitujuantertentu.Kemudiandefinisidari system informasiadalahjaringanprosedurpengolahan data yang dikembangkanolehsuatu system yang terintegrasi yang bermaksudmemberikaninformasisecara intern ataupuninformasisecara extern danmennjadikanmanajemensebagaidasarpengambilankeputusan.
Pembahasan
Informasimerupakansebuahsumberbagi pa ra manager untukmemanajemensuatuorganisasinya.Suatuinformasidiakatakanbernilaibilabenar-benarmemberikankegunaan agar suatuorganisasitersebutmencapaitujuanya.
Informasidibutuhkanberdasarpada:
1.kegiatan bisnis yang semakinkompleks
2.kemajuan teknologi yang sangatcepat
Contoh:
Sebuahperusahaanmakanancepatsajimempunyai 100 outlet tersebardiseluruhpulaujawatidakdapatmengamatidanmengawasiunsurfisik (pelayanan,karyawan,pelanggan,dsd) secaralangsung. Manajerakanmenggunakkantampilanlaporansebagaiinformasiuntukmengetahuikeberadaanperusahandanpabrik. Dengandemikianinformasimerupakansumber yang paling pentingbagiseorangmanajer.
ManajemenInformasi
ManajemenInformasisebagaisumbermempunyaipola yang sama, dimanatugasmanajerpadaManajemenInformasiadalahsebagaiberikut;
1.mengumpulkan data mentahlalumemprosesnyamenjadi data yang siapdigunakan
2.mengusahakan informasi yang diterimaadalahtepatuntukmendukungsuatumanajemen
KepentinganManajemenInformasi
Kebutuhanmanajemeninformasidisebabkanoleh:
1.perkembanganteknologi yang pesat
Kemapuanmencariinformasidalamhitungandetikmenggunakan internet danjugapabrikpabrik yang sudahmenggunakantenaga robot sebagaipenggantitenagamanusia.
2. kecepatanpengambilankeputusandalammemecahkansuatumasalah
Misalnya: seorangmanajerproduksimakanan yang dapatmelakukananalisishasilproduksimakannyamelaluisebuah Personal Digital Assistanketikamelakukanpenerbangandariluarnegri.
Sistem :
Susunankomponen yang salingberhubungansatusama lain untukmencapaisuatutujuan
Dalamsebuahsistem :
1. Terdapatkelompokelemen, Sebuahsistemmemilikilebihdarisatuelemen. Contoh: kacangkedelaimenjaditempe
2. Elementerpadu
Semuaelemendarisuatusistemharusmempunyaibeberapahubungan yang logis.
Contoh: motor
3. Maksudbersamauntukmencapaitujuan
Dirancanguntukmencapaisatutujuanataulebih.Agar semuaelemenbekerjauntukmencapaitujuansistemdanbukanuntukmasingelementersebut.
Contoh: Pelayanan di suatukantor
kesimpulan: didalamsuatuprusahaanatausatuorganisasidiperlukanmanajemeninformasiuntukmemecahkanataumencarisolusi agar suatuperusahaantersebutmencapaitujuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar