Rabu, 26 Desember 2012

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER



DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

A. PENDAHULUAN
Komputeradalahserangkaianataupunsekelompokmesinelektronik yang terdiridariribuanbahkanjutaankomponen yang dapatsalingbekerjasama, sertamembentuksebuahsistemkerja yang rapidanteliti. Sisteminikemudiandapatdigunakanuntukmelaksanakanserangkaianpekerjaansecaraotomatis, berdasarurutaninstruksiataupun program yang diberikankepadanya.
B. PEMBAHASAN
  1. ArsitekturKomputer
    • PeralatanInputPerangkat input adalahperangkat yang dapatmemasukan data danperintahkepadakomputeruntukkebutuhanlebihlanjut. Input jugadibagiduayaitu input sinyaldan maintenance. Input sinyaladalah data atau program yang dimasukankedalamsistemkomputer. Sedangkan maintenance adalah
      program yang digunakanuntukmengolah data input sinyal.Contoh-contohdariperangkat input  :
      1.
      Keyboard
      2.
      Mouse
      3.
      Joy Stick
      4.
      Trackball
      5.
      Voice Recognition
      6.
      Kamera
      7.
      Scanner
      8.
      Touchscreen
    • Pemrosesanpusatdanpenyimpanansekunder
Penyimpanan Primer
Biasanyadisebut main memory, ukurankapasitaspenyimpanan primer, yaitu :
http://safrilblog.files.wordpress.com/2011/11/bagan2.jpg?w=300
PenyimpananSekunder
·Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·Hard Disk : Removable dan Non removable
·Floppy Disk
·PiringanOptik : CD, DVD
·USB Flash Disk
·Smart Card
·Kartumemori
BentukPenyimpananSekunder:
·RAM (Random Access Memory), jenispenyimpanan primer yang mudahhilang (volatile) karena data akanhilangjikalistrikpadam.
·ROM (Read Only Memory), jenispenyimpanansekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpansecara permanent danjikalistrikpadam data tidakakanhilang
·Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerjasangatcepatdandigunakanuntukmembantu RAM biasadalam proses data.
    • Peralatan Output
Peralatan Output Adalahperangkatkeraskomputer yang berfungsiuntukmenampilkankeluaransebagaihasilpengolahan data.Keluarandapatberupahard-copy (kekertas), soft-copy (ke monitor), ataupunberupasuara.
Output yang dihasilkandaripemrosesdapatdigolongkanmenjadiempatbentuk, yaitutulisan (huruf, angka, simbolkhusus), image (dalambentukgrafikataugambar), suara, danbentuk lain yang dapatdibacaolehmesin (machine-readable form). Tigagolonganpertamaadalah output yang dapatdigunakanlangsungolehmanusia, sedangkangolonganterakhirbiasanyadigunakansebagai input untuk proses selanjutnyadarikomputer.
Peralatan output dapatberupa:
Hard-copy device, yaitualat yang digunakanuntukmencetaktulisandanimage pada media kerassepertikertasatau film.
Soft-copy device, yaitualat yang digunakanuntukmenampilkantulisandanimage pada media lunak yang berupasinyalelektronik.
Drive device ataudriver, yaitualat yang digunakanuntukmerekamsimboldalambentuk yang hanyadapatdibacaolehmesinpada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alatiniberfungsiganda, sebagaialat output danjugasebagaialat input.
Contohdariperangkat Output :
1.
Printer
2.
Monitor
3.
Infokus
  1. SOFTWARE
    • SistemOperasi
      Sistemoperasi (bahasaInggris: operating system ;OS) adalahseperangkat program yang mengelolasumberdayaperangkatkeraskomputer, danmenyediakanlayananumumuntukaplikasiperangkatlunak. Sistemoperasiadalahjenis yang paling pentingdariperangkatlunaksistemdalamsistemkomputer. Tanpasistemoperasi, penggunatidakdapatmenjalankan program aplikasipadakomputermereka, kecuali program aplikasi boot diri.Sistemoperasi-sistemoperasiutama yang digunakankomputersistemumum (termasuk PC, komputer personal) terbagimenjadi 3 kelompokbesar yaitu:1. Keluarga
      Microsoft Windows- yang antara lain terdiridari Windows Desktop Environment (versi 1.x hinggaversi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilispadatahun 2009, dan Windows 8 yang akandirilispadatahun 2012 ataulebihlambat)).2. KeluargaUnix yang menggunakanantarmukasistemoperasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dandikenaldengannamaDarwin) dan GNU/Hurd.3. Mac OS, adalahsistemoperasiuntukkomputerkeluaranApple yang biasadisebutMacatauMacintosh. Sistemoperasi yang terbaruadalahMac OS Xversi 10.6 (Snow Leopard). Musimpanas 2011 direncanakanpeluncuranversi 10.7 (Lion).SedangkankomputerMainframe, dan Super komputermenggunakanbanyaksekalisistemoperasi yang berbeda-beda, umumnyamerupakanturunandarisistemoperasi UNIX yang dikembangkanoleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
    • Aplikasi
      Perangkatlunakaplikasiadalahsuatusubkelasperangkatlunakkomputer yang memanfaatkankemampuankomputerlangsunguntukmelakukansuatutugas yang diinginkanpengguna. Biasanyadibandingkandenganperangkatlunaksistem yang mengintegrasikanberbagaikemampuankomputer, tapitidaksecaralangsungmenerapkankemampuantersebutuntukmengerjakansuatutugas yang menguntungkanpengguna. Contohutamaperangkatlunakaplikasiadalahpengolah kata, lembarkerja, danpemutar media.
  2. PerananPeralatan Input dan Output Serta Software dalamPemecahanMasalah
    Dari informasi di atas, kitadapatmenyimpulkanbahwa Proses bekerjanyasebuahkomputertidaklepasdariperananPeralatan Input, Output, Serta software yang menggerakannya. jikasalahsatusajatidakmemenuhi, makakomputertersebuttidakakanbisabekerja. Ataudengan kata laintidakdapatdigunakan.
C. KESIMPULAN
Dari apa yang telahdiuraikandapatlahdilihat, bahwapengertiankomputerbisaditinjaudaribermacam-macamsudut, sepertimisalnya: tinjauankomputerdarigenerasike-generasi, tinjauankomputerdarisudutkapasitasnya, dandisampingitu, komputerjugadapatditinjaudarijenis data yang diolahnya. Walaupundemikian, secaraprinsipsebuahkomputerselalumemilikisebuahkonsepdasarseperti yang nampakpadagambar.Komputerapapunjenisnya, selalumemilikisuatuperalatan yang disebutsebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar