Rabu, 26 Desember 2012

e-commerce



E-COMMERCE

Perdaganganelektronikatau e-dagang (bahasaInggris: Electronic commerce, jugae-commerce) adalahpenyebaran, pembelian, penjualan, pemasaranbarangdanjasamelaluisistemelektroniksepertiinternetatautelevisi, www, ataujaringankomputerlainnya. E-dagangdapatmelibatkan transfer danaelektronik, pertukaran data elektronik, sistemmanajemeninventoriotomatis, dansistempengumpulan data otomatis.
Industriteknologiinformasimelihatkegiatan e-daganginisebagaiaplikasidanpenerapandarie-bisnis (e-business) yang berkaitandengantransaksikomersial, seperti: transfer danasecaraelektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), ataupemasaran online (online marketing), pemrosesantransaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagangatau e-commerce merupakanbagiandari e-business, di manacakupan e-business lebihluas, tidakhanyasekedarperniagaantetapimencakupjugapengkolaborasianmitrabisnis, pelayanannasabah, lowonganpekerjaandll.Selainteknologijaringan www, e-dagangjugamemerlukanteknologibasisdataataupangkalan data (databases), e-suratatausuratelektronik (e-mail), danbentukteknologi non komputer yang lain sepertihalnyasistempengirimanbarang, danalatpembayaranuntuk e-dagangini.
E-dagangpertama kali diperkenalkanpadatahun 1994 padasaatpertama kali banner-elektronikdipakaiuntuktujuanpromosidanperiklanan di suatuhalaman-web (website).MenurutRiset Forrester, perdaganganelektronikmenghasilkanpenjualansehargaAS$12,2milyarpada2003. Menurutlaporan yang lain padabulanoktober 2006 yang lalu, pendapatanritel online yang bersifat non-travel di AmerikaSerikatdiramalkanakanmencapaiseperempattrilyundolar US padatahun 2011.
Sejarah perkembangan
Istilah "perdaganganelektronik" telahberubahsejalandenganwaktu.Awalnya, perdaganganelektronikberartipemanfaatantransaksikomersial, sepertipenggunaanEDIuntukmengirimdokumenkomersialsepertipesananpembelianatauinvoicesecaraelektronik.
Kemudiandiaberkembangmenjadisuatuaktivitas yang mempunyaistilah yang lebihtepat "perdagangan web" — pembelianbarangdanjasamelaluiWorld Wide Webmelalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakanenkripsiuntukmerahasiakan data pentingpelanggan.
Padaawalnyaketika web mulaiterkenal di masyarakatpada 1994, banyakjurnalismemperkirakanbahwa e-commerce akanmenjadisebuahsektorekonomibaru. Namun, barusekitarempattahunkemudianprotokolamanseperti HTTPS memasukitahapmatangdanbanyakdigunakan.Antara 1998 dan 2000 banyakbisnis di AS danEropamengembangkansitus web perdaganganini.

Faktorkuncisuksesdalam e-commerce
Dalambanyakkasus, sebuahperusahaane-commercebisabertahantidakhanyamengandalkankekuatanproduksaja, tapidenganadanyatimmanajemen yang handal, pengiriman yang tepatwaktu, pelayanan yang bagus, strukturorganisasibisnis yang baik, jaringaninfrastrukturdankeamanan, desainsitus web yang bagus, beberapafaktor yang termasuk:
  1. Menyediakanhargakompetitif
  2. Menyediakanjasapembelian yang tanggap, cepat, danramah.
  3. Menyediakaninformasibarangdanjasa yang lengkapdanjelas.
  4. Menyediakanbanyak bonus sepertikupon, penawaranistimewa, dandiskon.
  5. Memberikanperhatiankhusussepertiusulanpembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitasuntukberdiskusi, masukandaripelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudahkegiatanperdagangan
Masalah e-commerce
  1. Penipuandengancarapencurianidentitasdanmembohongipelanggan.
  2. Hukum yang kurangberkembangdalambidang e-commerce ini.
Aplikasibisnis
Beberapaaplikasiumum yang berhubungandengan e-commerce adalah:
  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akuntingdansistemkeuangan
  • Informasipengirimandanpemesanan
  • Pelaporaninformasidarikliendan enterprise
  • Sistempembayarandomestikdaninternasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking/internet Banking
  • Product Digital/Non Digital

Perusahaan terkenal
Perusahaan yang terkenaldalambidanginiantara lain: eBay, Amazon.com, danPayPal.

Kecocokan barang
Ada beberapabarang yang cocokdijualsecaraelektroniksepertibarangelektronikkecil, musik, pirantilunak, fotografi, dll.Barang yang tidakcocoksepertibarang yang memilikirasiohargadanberat yang rendah, barang-barang yang perludibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar