Minggu, 04 Maret 2012

Lembaga keuangan non bank & bank di indonesia


LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK (LKBB)

1. Pengertian LKBB
Lembaga keuangan bukan bank adalah semua lembaga atau badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat, tetapi tidak berbentuk bank. Usaha-usaha yang dilakukan oleh lembaga keuangan bukan bank adalah sebagai berikut.
a.            Mengumpulkan dana dengan mengeluarkan kertas berharga
b.            Memberikan kredit jangka menengah kepada perusahaan-perusahaan atau proyek-proyek, baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta.
c.            Mengadakan penyertaan modal sementara bagi perusahaann-perusahaan atau proyek-proyek sampai saham-saham yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan atau proyek-proyek tersebut dapat dipejualbelikan.
d.            Menjadi perantara dalam mendapatkan peserta atau kompanyon, baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mengadakan usaha patungan (joint venture)
e.            Menjadi perantara dalam mendapatkan tenaga ahli dan memberikan nasihat-nasihat keahlian.
f.             Melakukan usaha usaha lain di bidang keuangan setelah mendapatan persetujuan dari mentri keungan.

Lembaga keuangan bukan bank terdiri dari beberapa jenis, yaitu lembaga pembiayaan yang terdiri dari leasing, factoring, pembiayaan konsumen dan kartu kredit, perusahaan perasuransian yang diantaranya asuransi keuangan dan asuransi jiwa serta reasuransi, dana pensiun yang terdiri dari dana pensiun pemberi kredit dan dana pensiun lembaga keuangan, dana perusahaan efek, reksadana, perusahaan penjamin, perusahaan modal ventura dan pegadaian. 
v  Lembaga keuangan adalah lembaga atau badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, pelaksanaannya mengelola penarikan uang dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dengan cara-cara yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan atau hukum yang berlaku dalam masyarakat dan Negara.

Secara umum, Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatannya tidak menghimpun dan tidak menyalurkan dana masyarakat seperti yang dilaksanakan oleh bank, tetapi hanya melakukan kegiatan di bidang jasa keuangan.
Secara khusus, Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah semua lembaga yang melakukan kegiatan di bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat berharga kemudian menyalurkannya kepada masyarakat terutama untuk investasi perusahaan.

Tujuan pemerintah membuka kesempatan mendirikan lembaga keuangan bukan bank yaitu untuk mendorong berkembangnya pasar uang dan pasar modal, dan membantu permodalan perusahaan-perusahaan terutama perusahaan golongan ekonomi lemah.

Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank
Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank antara lain sebagai berikut:
a. Menampung tenaga kerja.
b. Meningkatkan taraf hidup rakyat.
c. Memeratakan pendapatan.
d. Meningkatkan produksi.
e. Mendorong perkembangan pasar modal dan pasar uang.

Usaha-usaha yang dilakukan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank
Lembaga Keuangan Bukan Bank mempunyai usaha-usaha sebagai berikut:
a. Menghimpun dana dari masyarakat dengan jalan mengeluarkan surat berharga.
b. Memberikan kredit terutama kredit jangka menengah.
c. Mengadakan penyertaan modal di dalam perusahaan atau proyek.
d. Bertindak sebagai perantara dalam mendatangkan tenaga kerja asing.



PERAN UANG & LEMBAGA KEUANGAN DLM MASYARAKAT

1. Uang adalah alat ukur standar pengukur nilai yang sah, yang dikeluarkan oleh pemerintah (bank sentral) suatu negara dalam bentuk uang kertas, emas, perak atau logam lain yang dicetak dengan bentuk.
2. Syarat-syarat uang adalah diterima masyarakat secara umum, mudah dibawa, mudah disimpan, mudah dibagi-bagi, tidak cepat rusak 9tahan lama), nilainya stabil, adanya kontinuitas dan jumlahnya mencukupi kebutuhan.
3. Fungsi uang dibagi menjadi dua yaitu fungsi primer (fungsi asli) dan fungsi sekunder (fungsi turunan). Fungsi primer uang adalah sebagi alat ukur resmi dan sebagai satuan hitung. Sementara fungsi skunder uang adalah sebagai alat pembayaran, sebagai penimbun kekayaan, sebagai pendorong kegiatan ekonomi, sebagai penunjuk harga, sebagai alat untuk menabung, sebagai alat pembentuk modal (kapital), dan sebagai standar pembayaran utang dan standar pembayaran tertunda
4. Jenis uang dikelompokkan menjadi dua, yaitu uang kartal dan uang giral
5. Nilai uang dibedakan menjadi tiga yaitu nilai nominal, nilai intrinsik dan nilai riil (nilai internal uang)
6. Valuta asing adalah alat pembayaran yang dijamin oleh cadangan emas atau perak yang ada di bank pemerintah.
7. Irving Fisher berpendapat bahwa kecepatan uang beredar serta kecepatan perputaran barang dan jasa adlah faktor yang sangat penting dalam pengukuran nilai uang (MV=PT)
8. Bank adalah lembaga keuangan yang usahanya menyerap dana dari kelompok masyarakat yang berkelebihan dana dan menyalurkannya kepada kelompok yang kekurangan dan membutuhkan dana serta memenuhi persyaratan tertentu untuk diberikan bantuan dana tersebut.
9. Fungsi utama perbankan di Indonesia adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana dari dan ke masyarakat.
10. Lembaga keuangan bukan bank adalah semua lembaga atau badan yang melakukan keigatan di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat, tetapi tidak berbentuk bank. Contoh : perusahaan reksadana, pegadaian, perusahaan asuransi dan koperasi
Peran peran LKBB antara lain :
1.     Membantu dunia usaha dalam meningkatkan produktivitas barang /jasa
2.    Memperlancar distribusi barang
3.    Mendorong terbukanya lapangan kerja
Jenis-jenis LKBB:
1.    Perusahaan Asuransi: perusahaan yang memberikan jasa-jasa dalam penanggulangan resiko atas kerugian,kehilangan manfaat,dan tanggung jwab hukum pada pihak ketiga karena peristiwa ketidakpastian.
Polis asuransi : surat kontrak pelaksanaan asuransi yang berupa kesepakatan kedua belah pihak.
Premi asuransi : uang pertanggungan yang di bayar tertanggung pada penanggung
Keuntungan asuransi ;
Bagi pihak asuransi:
·         Keuntungan dari premi yang dibayar nasabah
·         Keuntungan dari hasi penyertaan modal ke perusahaan lain
·         Keuntungan dari hasil bunga investasi suran surat berharga.
                  Bagi nasabah:
·         Memberi rasa aman
·         Merupakan simpanan yang pada saat jatuh tempo dapat di tarik kembali.
·         Terhindar dari resiko kerugian
·         Memperoleh penghasilan di masa datang
·         Memperoleh penggantian akibat kerugian kerusakan atau kehilangan.
2.    Perusahaan dana pensiun (TASPEN): badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan .
Ø  Manfaat perusahaan dana pengsiun :
V .Bagi perekonomian nasional : dana yang di himpun dari iuran peserta dapat sebagai modal bagi dunia usaha.

v. bagi peserta : dana pensiun akan memberi jaminan pendapatan di hari tua.
Ø  Manfaat bagi perusahaan :
v. loyalitas
v. kewajiban moral
v. kompetasi pasar tenaga kerja
Ø  Manfaat bagi karyawan :
v. rasa aman
v. kompensasi yang lebih baik

 referensi:



Bank dan lembaga keuangan di indonesia
Bank  merupakan sebuah tempat di mana uang dapat disimpan maupun dipinjamkan.Dari pengertian di atas dapat dijabarkan secara lebih luas bahwa bank merupakan suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang keuangan,yang artinya aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan.

Tugas utama bank tidak hanya menjaga stabilitas moneter,
Tetapi juga menjaga stabilitas system keuangan (perbankan dan system pembayaran).
Bank disebut
sebagai suatu lembaga keuangan yang  memperdagangkan uang, karena bank menghimpun dana dari nasabah (masyarakat surplus) dan menjualnya kembali secara kredit kepada para nasabah lainnya (masyarakat minus) dengan menetapkan nilai suku bunga.

Bank juga dapat berperan sebagai mitra kerja (partner) anda dalam hal keuangan, jika :
-    Inginmenyimpandanauntuktabungan
-    Seseorangbutuhdanauntuksuatukeperluan yang mendesak
-    Inginberinvestasi yang amandanmendapatbunga, dan
-    Inginmewujudkanimpianjugadapatmeminjamdana di bank.

Dengan
berbagai alas an diatas, tentulah bank mempunyai perananpenting bagi kehidupan masyarakat. Bank menurut jenisnya dibagi menjadi 2 yaitu :
1.Bank Umum
2. Bank Perkreditan Rakyat

Bank Umum
Melayani masyarakat untuk menghimpun dana berupa simpanan serta melayani menyalurkan dana berupa Pinjaman kredit kepada masyarakat. Sedangkan 

Bank  PerkreditanRakyat 
Tidak melayani jasa untuk menghimpun dana dari masyarakat berupa simpanan melainkan hanya melayani jasa dalam menyalurkan dana kepada masyarakat berupa Pinjaman kredit.

Cara bekerja bank sangat
lah sederhana bias diibaratkan dengan “tangan kanan dant angan kiri”. Tangan kanan bank merupakan source of fund (sumberdana) yang terdiridari :
•    Tabungan
•    Deposito
•    Giro
•    Obligasi
•    SuratBerhargaPasarUang (SBPU) dan
•    Modal pemilik.
Sedangkan
tangan kiri bank merupakan use of fund (penggunaandana) yang terdiri dari :
•    Kas
•    Rekeningkoran bank pada Bank Indonesia
•    Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan
•    pinjaman.

Antara
tangan kanan dan tangan kiri saling berkaitan yaitu apabila bank menghimpun dana dari nasabah maka bank juga harus mencari pelemparan dana tersebut untuk memperoleh laba/profit.

Bank memiliki
produk deposito dan giro. 

·         Deposito adalahsimpanan yang sifatnya tidak boleh diambil dalam jangka waktu tertentu bisa 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 1  tahun. Bunganya tentu juga lebih besar dibandingkan dengan tabungan dan giro.
·         Giro adalah sejenis tabungan yang penarikannya dilakukan dengan selembar cek yang ditandatangani oleh pemilik giro tersebut. Jadi, cek tersebut dapat digunakan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja asalkan yang bertandatangan adalah pemilik rekening giro tersebut.
Jadi, berdasarkan
sejumlah keterangan data diatas dapat disimpulkan bahwa bank sangat berperan dalam kehidupan manusia bukan hanya sebagai tempat untuk menabung saja.

Referensi:
Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai Kata bank berasal dari bahasaItalia banca  berarti tempat penukaran uang .Sedangkan menurut undang-undang perbankan.
bank adalahbadan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatk antara hidup rakyat banyak.
Industri perbankan telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Industry ini menjadi lebih kompetitif karena deregulasi peraturan. Saat ini, bank memiliki fleksibilitas pada layanan yang mereka tawarkan, lokasi tempat mereka beroperasi, dan tarif yang merekabayar untuk simpanan deposan.dana, dan memberikan jasa bank lainnya. Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana merupakan kegiatan pokok bank sedangkanmemberikanjasa bank lainnyahanyakegiatanpendukung[4]. Kegiatan menghimpun dana, berupa mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanangirotabungan, dan deposito. Biasanya sambil diberikan balas jasa yang menarik seperti, bunga dan hadiah sebagai rangsangan bagi masyarakat. Kegiatan menyalurkan dana, berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat. Sedangkan jasa-jasa perbankan lainnya diberikan untuk mendukung kelancaran kegiatan utama tersebut.  bank didirikan oleh Prof. Dr. Ali Afifuddin, SE. Inilah beberapa manfaat perbankan dalam kehidupan:
1.   Sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivative dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement).
2.   Sebagai cara lindung nilai, yang berarti, transaksi derivative dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management.
3.   Informasi harga, yang berarti, transaksi derivative dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).
4.   Fungsispekulatif, yang berarti, transaksi derivative dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar darit ransaksi derivative itu sendiri.
5.   Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien, yang berarti, transaksi derivative dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi  sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar pada masa mendatang.
Terlepas darifunsi-fungsi perbankan (bank) yang utama ataut urunannya, maka yang perlu diperhatikan untuk dunia perbankan, ialah tujuansecara filosofis dari eksistensi bank di Indonesia. Hal ini sangat jelas tercermind alam Pasalempat (4) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 yang menjelaskan, ”Perbankan Indonesia bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak”. Meninjau lebih dalam terhadap kegiatan usaha bank, maka bank (perbankan) Indonesia dalam melakukan usahanya harus didasarkan atas asas demokrasi ekonomi yang menggunakan prinsip kehati-hatian.4 Hal ini, jelas tergambar, karena secara filosofis bank memiliki fungsi makro dan mikro terhadap proses pembangunan bangsa.
referensi:




3 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085372801819
    PIN : 5C0C4F38

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  2. ,,.,KISAH NYATA , , , ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN)

    .

    BalasHapus
  3. Sudahkah Anda mendapat pinjaman dari bank
    Atau ada beberapa lembaga keuangan yang menolak permintaan Anda untuk satu atau lebih alasan ?.

    KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN DARI:
    - Pinjaman usaha,
    - Pinjaman modal,
    - Pinjaman real estat,
    - Pinjaman pribadi,
    - Pinjaman mahasiswa,
    - Pinjaman pertanian
    Dan lebih dalam berinvestasi dengan investor yang baik ... Kami menawarkan pinjaman
    untuk perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah 2%. Anda berada di sebelah kanan
    tempat untuk mendapatkan pinjaman Anda

    Hubungi kami hari ini dan dapatkan masalah keuangan Anda!

    Email: MARGARETPEDROLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    Dapatkan masalah keuangan Anda dipecahkan di sini ...

    BalasHapus