SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN
I.
KONSEP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN SIMP
SIMP
sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan menafsirkan keadaan atau
perkembangan aspek-aspek pendidikan berdasar data empiris yang berkonsep.
sistem
informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan
informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen
(perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam
organisasi.
Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia
dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan
mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan
keputusan bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah data empiris atau
data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan
kebenarannya.
Sistem
informasi manajemen dan sistem informasi manajemen pendidikan terdiri atas
empat sistem, yaitu: sistem informasi pemasaran jasa , keuangan,
SDM, dan sistem operasi dalam pendidikan.
Dalam
menghadapi globalisasi, sistem informasi semakin dibutuhkan oleh lembaga
pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kelancaran aliran informasi dalam
lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan aliansi atau kerja sama
dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga pendidikan tersebut.
II.
RANCANGBANGUN SIMP TENTANG SISWA DAN LULUSAN DISUATU DAERAH TERTENTU
Rancangbangun
SIMP tentang Siswa dan Lulusan pada suatu sekolah berisikan tentang bagaimana
data yang menjadi informasi tentang siswa dan kelulusan itu didesain dan
dibangun.
Data-data
tersebut umumnya terdiri atas Jumlah Siswa dan Rombongan Belajar, Jumlah
siswa baru yang diterima dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB), dan juga penelusuran
tentang kelulusannya; tentang berapa jumlah siswa yang telah bekerja, sebagai
PNS, Pegawai Swasta, Wiraswasta, melanjutkan belajar , belum bekerja maupun
yang tidak diketahui.
Semua
data tersebut kemudian dihitung, diolah, dikelompokkan dan selanjutnya
dianalisis. Setelah melalui proses pengolahan informasi tersebut data
tersebut dapat disajikan kepada pimpinan sekolah, dinas pendidikan,
masyarakat/publik, sebagai bahan bagi mereka dalam mengambil keputusan
pendidikan.
Penyajian
atau publikasi data yang telah menjadi informasi tersebut dapat dilakukan
dengan cara; manual (paper) maupun dengan teknologi informasi (audio, visual
maupun jaringan/ Website sekolah).
- Contoh Tabel informasi tentang Jumlah Siswa dan rombongan belajar
No.
|
Jenis Kelas
|
Kelas dan Jumlah
|
Jumlah
|
||||||
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
Rombel
|
Siswa
|
|||||
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
||||
4.
|
Reguler
|
11
|
415
|
9
|
358
|
9
|
307
|
29
|
1073
|
- Contoh Tabel informasi tentang penelusuran lulusan
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH
|
||||||
DATA PENELUSURAN TAMATAN SISWA
|
||||||
SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI
|
||||||
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
|
||||||
NO
|
TAHUN
|
AKTIVITAS TAMATAN/
|
31 Agustus 2008
|
|||
KELULUSAN
|
LULUSAN
|
AP
|
TBg
|
TK
|
TBs
|
|
Jml
|
Jml
|
Jml
|
Jml
|
|||
1
|
2008/2009
|
1. PNS
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2. Pegawai Swasta
|
4
|
8
|
5
|
14
|
||
3. Wiraswasta
|
0
|
7
|
0
|
0
|
||
4. Melanjutkan Belajar
|
20
|
27
|
17
|
32
|
||
5. Belum Bekerja
|
5
|
16
|
9
|
16
|
||
6. Tidak diketahu
|
0
|
0
|
0
|
6
|
III.
RANCANGBANGUN SIMP TENTANG GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA SMKN 4 KOTA JAMBI
Rancangbangun
SIMP tentang Guru dan Tenaga Kependidikan pada suatu sekolah berisikan tentang
bagaimana data yang menjadi informasi tentang guru dan tenaga kependidikan itu
didesain dan dibangun.
Data-data
tersebut umumnya terdiri atas :
(1)
Data Tenaga Pendidik (guru) berdasarkan ;
-
Status (Guru Tetap, Guru honor, Guru DPK, Guru Bantu/PTT)
-
Tingkat / Jenjang pendidikan (Diploma, Strata 1, dan Strata 2)
-
Golongan/ Kepangkatan (Golongan II, Golongan III, Golongan IV)
-
Usia (kurang dari 35thn, 35thn – 50thn, dan 50 thn – 60thn)
-
Jenis Kelamin (jumlah laki-laki dan Perempuan)
-
Mata Pelajaran (Kelompok Normatif, Adaptif dan Produktif)
(2)
Data Tenaga Kependidikan (Tata Usaha) berdasarkan;
-
Kelompok (Tenaga Administrasi, Teknis Keuangan, Teknis Sarana)
-
Tingkat/ Jenjang Pendidikan ( SLTA, Diploma, S1)
-
Usia ( Kurang dari 35thn, 35thn-50thn, 51thn – 56thn)
-
Jenis Kelamin (Jumlah laki-laki dan Perempuan)
-
Tugas (Administrasi, Perpustakaan, laboratorium, Keamanan,
kebersihan/ Pembantu pelaksana)
(3)
Pengembangan Mutu dan Karir tenaga Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan
(Pegawai)
-
Peningkatan Kualifikasi Akademik ( Beasiswa Penjenjangan S1 dan S2, Talent
Scouting Kepsek, Sertifikasi)
-
Peningkatan Kompetensi (Kursus Bahasa / Administrasi, Tes TOEIC, Diklat Bidang
Keahlian/ Pengembangan diri/Perpustakaan, On Job Training).
Data-data
tersebut diatas diolah dan kemudian disajikan dalam bentuk informasi lengkap
,baik secara manual (paper) maupun Jaringan (melalui web sekolah), dan
diharapkan dapat dijadikan sumber dalam pengambilan keputusan pendidikan.
IV.
RANCANGBANGUN SIMP TENTANG SARANA DAN FASILITAS PENDIDIKAN
Rancangbangun
SIMP tentang Sarana dan Fasilitas pada suatu sekolah berisikan tentang
bagaimana data yang menjadi informasi tentang sarana dan fasilitas itu
didesain dan dibangun.
Data-data
tersebut umumnya terdiri atas:
(1)
Sumber Belajar
-
Luas Area dan Bangunan (Lahan bangunan dan Tanpa bangunan)
-
Status Kepemilikan (Pemerintah)
-
Ruang Belajar meliputi :
Teori,
Sanggar, Praktek, Media/ Pusat sumber belajar/ Ruang audio visual, Ruang Olah
raga indoor dan Outdoor, Rumah kaca, Buku perpustakaan, Alat peraga/ alat bantu
pembelajaran, alat praktik, media pendidikan, software.
(2)
Sarana Penunjang (Ruangan belajar, Tata usaha, Guru, Kepsek, Mushala,
Pertemuan, PSG, OSIS, SIM, Dapur UP, Hotel Training, Kafetaria, Gudang dsb)
(3)
Prasarana/ infrastruktur ( Instalasi air bersih, listrik,
telepon,internet-Hotspot, Website sekolah)
(4)
Media Komunikasi ( Majalah Dinding, sekolah, koran, jurnal, brosur, CD profil)
Semua
data tentang sarana dan fasilitas pendidikan tersebut diinput, diolah dan di
kelompokkan untuk kemudian disajikan berupa informasi yang nantinya akan
berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan.
V.
RANCANGBANGUN SIMP TENTANG BIAYA DAN ANGGARAN PENDIDIKAN
Rancangbangun
SIMP tentang biaya dan Anggaran Pendidikan pada suatu sekolah berisikan
tentang bagaimana data yang menjadi informasi tentang biaya dan anggaran
tersebut didesain dan dibangun. Dalam Rancang bangun tentang biaya dan
anggaran, umumnya melalui tiga hal yaitu; perencanaan, pengelolaan , pelaporan
(pengawasan dan tindak lanjut).
Data-data
tersebut umumnya terdiri atas ;
(1)
Anggaran dari Tingkat I (Provinsi) dan dari Pusat
-
Perencanaan : Proposaal Bantuan dana/Blog grant
-
Pengelolaan : Swakelola oleh sekolah/tidak boleh
dilelang
-
Pelaporan : Pengawasan dari
Direktorat , BPK, Inspektorat PSMK,
Tindak
Lanjut atas kegagalan pelaksanaan menjadi tanggungjawab pihak sekolah
(2)
Anggaran APBD Tingkat II dari Kabupaten/ Kota
-
Perencanaan : Hearing dengan DPR, Proposal dalam RAPBS
-
Pengelolaan : Bendahara Rutin, dan
Pengelolaan dapat dilakukan oleh pihak ketiga
-
Pelaporan : Pengawasan
dari Bawasko (Badan Pengawas Kota), Walikota, Dinas Kota, Data pelaporan
lengkap. Tindak Lanjut atas penyimpangan menjadi tanggungjawab pihak sekolah.
(3)
Anggaran dari Komite sekolah.
-
Perencanaan : Rapat Komite sekolah tentang analisis
kebutuhan sekolah yang tercantum didalam RAPBS.
-
Pengelolaan : Bendahara komite, dibelanjakan
untuk biaya operasional sekolah dalam 1 bulan.
-
Pelaporan : Pengawasan dari
Komite, Masyarakat, Orang tua. Tindak Lanjut atas penyimpangan menjadi
tanggungjawab Komite.
VI.
SIMP YANG DIKEMBANGKAN DI KANDEPAG
DAN KANDINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAMBI
- SIMP KANDEPAG
Pada
sistem menajemen KANDEPAG tingkat Provinsi, di masing-masing Kantor juga
terdapat suatu unit kerja yang bertanggungjawab terhadap kegiatan SIMP yaitu
bidang Mapenda yang ditunjuk sebagai koordinator kegiatan SIMP di tingkat
Kantor yang bertanggungjawab dalam kegiatan pendistribusian dan pengembalian
instrumen stastistik, serta pengelolaan data. Setelah Seluruh instrumen
pendataan dari seluruh wilayah berhasil terkumpul secara lengkap, selanjutnya
SIMP memasuki tahap pengolahan dan analisis data untuk selanjutnya
menjadi informasi-informasi yang bermanfaat, berupa indikator-indikator
pendidikan.
Untuk
lebih banyak membantu para pengguna dalam membaca setiap informasi yang
disediakan, maka informasi-informasi tersebut umumnya disajikan kedalam dua
bentuk tampilan yaitu tabulasi dan grafik. Dan disajikan baik secara manual
(paper) dan Online (melalui website KANDEPAG).
2
SIMP KANDINAS PENDIDIKAN
SIMP
Kantor Dinas Provinsi terdiri dari tim SIMP sekolah dari kota atau Kabupaten
yang berada di seluruh Provinsi Jambi dan bertugas mengentri data sekolah
tentang semua kegiatan sekolah, seperti siswa, pendidik dan tenaga
kependidikan, biaya pendidikan, sarana dan prasarana, serta informasi lain yang
berkaitan dengan kegiatan proses pembelajaran.
Data
SIMP dapat diakses melalui jaringan internet oleh siapa saja, kapan saja dan
dimana saja selama masih ada akses internet. SIMP yang ada di Kantor Dinas
Pendidikan Provinsi Jambi dilaksanakan secara terpisah dengan SIMP yang ada di
Kantor Kementerian Provinsi Jambi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar